CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Smester             : XI/1
Alokasi Waktu            :1 x 45 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami struktur dan fungsi enzim dalam kehidupan
B.     KOMPETENSI DASAR
1.1   Mendeskripsikan komponen enzim dalam berbagai fungsi
C.    INDIKATOR
1.      Menjelaskan pengertian enzim.
2.      Menjelaskan sifat-sifat dari enzim
3.      Menjelaskan fungsi enzim pada metabolisme tubuh
4.      Menjelaskan macam-macam enzim
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui studi literatur siswa dapat menjelaskan pengertian senyawa enzim
2.      Melalui studi literatur siswa dapat menjelaskan macam-macan senyawa enzim
3.      Siswa dapat mengetahui sifat-sifat enzim
4.      Siswa dapat menjelaskan fungsi enzim pada metabolisme tubuh
E.     MATERI
  • Pengertian enzim
Enzim adalah komponen biomelekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis dalam suatu reaksi kimia organik
  • Fungsi umum enzim pada metabolisme tubuh
Sebagai katalisator yang mempercepat laju reaksi, enzim ini akan mengubah senyawa dan mempercepat proses reaksi dengan mengubah molekul awal yang di kenali dan di ikat secara spesifik oleh enzim atau subtrat menjadi produk.








E.     KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1.      Metoda                        : Word square, Two stay two stray, Make a match
2.      Pendekatan                 : Keterampilan proses
3.      Langkah Kegiatan       :
Kegiatan
Uraian
Alokasi Waktu
Pertemua 1
( 1 x 25 menit)
Pembukaan :
Apersepsi :
Apakah manfaat dari enzim
Motivasi :
Bagaimana kita memahami enzim yang berperan dalam tubuh
Prasarat :
Telah memahami berbagai macam-macam dan fungsi dari enzim

Kegiatan Inti
1.   Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang pengertian dan macam macam enzim dengan metode word square. Siswa dibagi beberapa kelompok dengan mengambil kupon pertanyaan kemudian mengisi teka teki silang, satu kelompok mengisi satu kata dalam TTS dengan benar
2.   Berdiskusi tentang fungsi fungsi enzim di dalam tubuh secara umum dengan menggunakan metode two stay two stray, yaitu dibagi menjadi 4 kelompok, dengan 2 orang anggota kelompok sebagai pengunjung (penanya fungsi enzim) yang berkeliling acak di kelopok lainnya dan anggota lainnya sebagai tuan rumah (penjawab pertanyaan).
3.   Menganalisis tentang letak enzim sesuai dengan fungsinya dengan menggunakan metode make a match dengan semua siswa dibagi menjadi 2 kelompok, terdiri dari kelompok pertanyaan dan jawaban. Siswa berdiri di tengah dengan tidak berhadapan mereka di acak untuk mencari jawabannya masing masing sesuai kemampuan siswa mengidentifikasi letak enzim berdasarkan pertanyaan yang diajukan.
Penutup :
1.   Menarik kesimpulan
2.   Post tes
3.   Pemberian tugas mandiri tak terstruktur
10 menit







45 menit




15 menit



F.       ALAT DAN SUMBER

  1. Alat     :
a.       Kertas yang berisi pasangan dari masing-masing enzim dan fungsinya
b.      Spidol ( untuk membuat TTS pada papan tulis)

  1. Sumber            :
a.       SMA IPA 3 untuk Kelas XII : Anna Poedjiadi,2009 “BIOKIMIA”: Jakarta : Universitas indonesia

G.    EVALUASI
§  Jenis penilaian             : Tugas Kelompok dan Individu
§  Bentuk penilaian          : Unjuk kerja dan Kuis
  • Instrumen Penilaian    :
1.      Jelaskan fungsi umum enzim bagi tubuh!
2.      Jelaskan macam-macam enzim yang berperan dalam proses metabolisme!
3.      Jelaskan secara ringkas jalur metabolisme menggunakan enzim!

  • Tugas tak terstruktur :
1.      Mencocokan fungsi enzim dan tempat peranya
2.      Tuliskan macam-macam enzim pada TTS sesuai dengan perintah yang di berikan

    

  Cianjur ,29 oktober 2018
Mengetahui,

Kepala Sekolah,                                                              Guru Mata Pelajaran,






Drs.H,Gun Gun Guswandi M.Pd                                           SUMARTI
NIP. 195708151984031004                                    NIP.195812311982032048
                                                                   



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal MAKESTA IPPNU/IPPNU

GURU SEBAGAI PENDIDIK PROFESIONAL