CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Smester : XI/1
Alokasi Waktu :1 x 45 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Memahami struktur dan fungsi enzim dalam kehidupan
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1
Mendeskripsikan
komponen enzim dalam berbagai
fungsi
C.
INDIKATOR
1.
Menjelaskan
pengertian enzim.
2.
Menjelaskan
sifat-sifat dari enzim
3.
Menjelaskan
fungsi enzim pada metabolisme tubuh
4.
Menjelaskan macam-macam enzim
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
studi literatur siswa dapat menjelaskan pengertian senyawa enzim
2. Melalui
studi literatur siswa dapat menjelaskan macam-macan senyawa enzim
3. Siswa
dapat mengetahui sifat-sifat enzim
4. Siswa
dapat menjelaskan fungsi enzim pada
metabolisme tubuh
E.
MATERI
- Pengertian
enzim
Enzim adalah komponen biomelekul berupa protein
yang berfungsi sebagai katalis dalam suatu reaksi kimia organik
- Fungsi umum
enzim pada metabolisme tubuh
Sebagai katalisator yang
mempercepat laju reaksi, enzim ini akan mengubah senyawa dan mempercepat proses
reaksi dengan mengubah molekul awal yang di kenali dan di ikat secara spesifik
oleh enzim atau subtrat menjadi produk.
E. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1.
Metoda :
Word square, Two stay two stray, Make
a match
2.
Pendekatan :
Keterampilan proses
3.
Langkah Kegiatan :
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi
Waktu
|
Pertemua 1
( 1 x 25 menit)
|
Pembukaan :
Apersepsi :
Apakah manfaat dari enzim
Motivasi :
Bagaimana kita memahami enzim yang
berperan dalam tubuh
Prasarat :
Telah memahami berbagai macam-macam dan fungsi dari enzim
Kegiatan Inti
1.
Mengkaji literatur dari
berbagai sumber tentang pengertian
dan macam macam enzim dengan metode word square. Siswa dibagi beberapa
kelompok dengan mengambil kupon pertanyaan kemudian mengisi teka teki silang,
satu kelompok mengisi satu kata dalam TTS dengan benar
2.
Berdiskusi tentang fungsi fungsi enzim di
dalam tubuh secara umum dengan menggunakan metode two stay two stray, yaitu
dibagi menjadi 4 kelompok, dengan 2 orang anggota kelompok sebagai pengunjung
(penanya fungsi enzim) yang berkeliling acak di kelopok lainnya dan anggota
lainnya sebagai tuan rumah (penjawab pertanyaan).
3.
Menganalisis tentang letak enzim sesuai dengan fungsinya dengan
menggunakan metode make a match dengan semua siswa dibagi menjadi 2 kelompok,
terdiri dari kelompok pertanyaan dan jawaban. Siswa berdiri di tengah dengan
tidak berhadapan mereka di acak untuk mencari jawabannya masing masing sesuai
kemampuan siswa mengidentifikasi letak enzim berdasarkan pertanyaan yang
diajukan.
Penutup :
1. Menarik kesimpulan
2. Post tes
3. Pemberian tugas mandiri
tak terstruktur
|
10 menit
45 menit
15 menit
|
F. ALAT DAN SUMBER
- Alat :
a.
Kertas yang
berisi pasangan dari masing-masing enzim dan fungsinya
b.
Spidol (
untuk membuat TTS pada papan tulis)
- Sumber :
a.
SMA IPA 3 untuk Kelas
XII : Anna Poedjiadi,2009 “BIOKIMIA”: Jakarta :
Universitas indonesia
G. EVALUASI
§
Jenis penilaian : Tugas Kelompok dan Individu
§
Bentuk penilaian : Unjuk kerja dan Kuis
- Instrumen
Penilaian :
1.
Jelaskan
fungsi umum enzim bagi tubuh!
2.
Jelaskan macam-macam enzim yang berperan dalam
proses metabolisme!
3.
Jelaskan
secara ringkas jalur metabolisme menggunakan enzim!
- Tugas tak
terstruktur :
1.
Mencocokan
fungsi enzim dan tempat peranya
2.
Tuliskan
macam-macam enzim pada TTS sesuai dengan perintah yang di berikan
Cianjur ,29 oktober
2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs.H,Gun Gun Guswandi M.Pd SUMARTI
NIP. 195708151984031004 NIP.195812311982032048
Komentar
Posting Komentar